Nov 20, 2011

Minakaze Community Festival

Festival pertama yang aku ikuti, selain festival2 disekolah anak..
kalo disekolah mah banyak... ini di Itoshima,
Aku diundang teman yg ngajar nihongo di Itoshima, karena pertama kali kenal diluar kelas, jadi lebih berasa teman, sampai sekarang pun Seguchi san ga pernah mengajar aku, meskipun sejak desember 2011 aku ambil kelas sabtu di Itoshima.
Hari itu, November 19.. sebenarnya acara SD Itoshima, tapi kerja sama dengan kouminkannya.. jadi acaranya banyak dan seru. Kami semua mahasiswa asing, (cuma aku yg bukan mahasiswa), diundang kesana, untuk meramaikan acara, sekaligus bermain bersama mereka. Mereka juga mau memperkenalkan culture lain, orang2 internasional sama anak2 SD Itoshima.
Acaranya dibuka dengan performance anak2 SD, kita nonton selama dua jam. Setelah sebelumnya briefing dengan pengurus kouminkan.
yang lagi presentasi kegiatan itu namanya Celia, tapi koq tulis namanya pake katakana yaa.. oo ternyata Celia blasteran Brasil (kalo ga salah inget) dengan Jepun, tapi lahir disana.. and She said clearly, I'm not Japanese.. She spoke english very well, jadi aku fun banget disana, soalnya ada translator. Dia bilang ke aku, aku juga bisa bahasa jepang karena belajar, bukan karena dari lahir, jadi aku yakin kamu bisa seperti aku..
salah satu performance anak SD Itoshima.
setelah nonton performance kami lunch, aku barengan sama khabir san, dan Hao zhang, padahal maunya sama Park Jihyeon (yg perempuan) tapi dimana yaa dia... berhubung sama cowok aku ga foto2 deh, pdhl makanan jepun (yg halal) beragam, sayang yaa.. terus mereka, ortu murid SD ada yg duduk deket kita, mencoba mempraktekan bhs inggrisnya, yaa iyaa donk itu kan tujuan mereka ngundang kita... 
Setelah makan siang, kami melihat pameran hasil karya anak2 SD itoshima, dan kouminkan.. seru sayang aku ga banyak ambil foto, sibuk ngobrol ama Celia...
Ini salah satunya, lagu ini lagu dari daerah Tohoku, dan begitu populer saat gempa baru melanda Sendai Maret 2011. Ditulis pake katakana... sayang ga ada relawan yg mau nyanyiin 
Boneka teddy diatas itu hand made loh... keren kan..

Setelah kami liat pameran, saatnya game bersama anak2 SD itoshima.. berhubung Indonesia cuma aku seorang, jadinya permainan dibawakan oleh peserta terbanyak, yaitu dari china dan korea.. sempet kena juga, disuruh nyanyi deh, nyanyilah aku twinkle2 gara2 alif ga mau nyanyi cape deh...
gaya aja dia mah..
setelah itu acara dilanjutkan pembagian souvenir dari kouminkan-SD, macam2, ada pernak-pernik origami, snack, sabun, sampe handuk, gantungan handphone dll..
punya kami paling besar karena hitungan keluarga, mereka juga kasih uang loh, buat ganti ongkos, lunch dll, tapi banyak bgt sisanya..., uangnya jadi shinkansen mainan alif dan snack anak2 yg ditinggal dirumah seharian..
abis bagi2 souvenir saatnya foto bersama
berjilbab sendiri.. sebelum pulang, masih ada sesi foto2 lagi... aku diajak pulang bareng khabir, tapi ga ah, kan dia cowok, meskipun ada alif, tinggalnya dikaikan juga sih... biasa aku ketemu, tapi malah ngobrolnya di acara ini... sebenarnya alasan aja yaaa.. aku masih mau foto2 sama Ji Hyeon.. tanya2 ttg korea dikit 
pulangnya naik kereta baren Li Shuanglong sama Bing Li, mereka ternyata dari maidashi.. jauh juga yaa.. Li bilang, kamu orang indonesia tapi bahasa inggris kamu bagus yaa (nah loh, maksud lo apa) , kenapa yaa kita bangsa Indonesia dimana2 selalu ga dianggap, kalo kita bisa, banyak yg ragu kita org indonesia he3..
disini aku ketemu banyak teman, vietnam, china, korea, bangladesh... tanoshikata deh..
sempet2nya.. ...sebelum pulang..
maebaru eki ^_^...pertama kali ke maebaru dan turun hari itu
setelah itu aku bakalan sering kesini, dengan mba Icha dan banyak cerita dimulai dari Itoshima Class..

No comments: