Dec 27, 2010

Bersyukur itu indah....

Bismillah...

Dulu...sebelum aku ke sini...kk sering bilang sama aku, ya walaupun kk yang suruh aku ikut, tapi kk tetep ingetin aku, "Di sana (maksudnya di sini) ga sama kayak di Adelaide", ya udah aku jawab "Iya Ade tau, ya jelas dong yah namanya aja udah beda.... tempatnya beda (satu lebih ke selatan, satu lebih ke utara), di sini ada bunga sakura di sana bunga mawar banyak di south tce, dan beraneka jenis bunga banyak di botanical garden, loh apaan sih koq jadi ngomongin bunga ya....

Ya intinya...kk menyuruh aku untuk 'siap2' dengan keadaan yang jauh berbeda...

Now, i'm here, since 3 months ago...



So...baru sekarang aku ngerti kenapa aku harus siap2... disini,

1. Kita butuh waktu lebih lama untuk settle, bahkan mpe sekarang belum settle2, ditambah lagi dengan masalah2 lain yang harus kami hadapi yang semuanya (ga ringan)...
Tapi ya itulah, kadang aku berpikir coba kk mau bersabar ya...kita balik lagi ke Adelaide, insyaAllah lebih baik, Zaghi lebih dapet fasilitas, dan segudang kelebihan2 lain...utk kami bisa lebih settle,
Astaghfirullah... masa aku lupa sama salah satu quote favorit aku zaman kuliah dulu?
saat aku selalu merasa...di jakarta lebih baik dari pada di Manado, saat aku tetep mencoba masuk UI untuk kedua kalinya (tetep aja ditolak,yang kedua kalinya dilempar ke UNHAS), saat aku ngambek ga mau belajar, karena aku merasa jakarta, di jakarta aku lebih baik...
ternyata di Manado aku bertemu hidayah itu, saat dukungan dari Renny, K Nia, Dewi, Pipit, dan temen2 akhwat yang lain, sampai akhirnya, aku menikmatinya, melebur dalam rasa dan asa...mimpi dan cita-cita, mengenal atmosfir dakwah, menikmati kuliah di FK (mencoba mencintai aktivitas2 yang jauh dari pelajaran2 favorit aku waktu sekolah dulu) dan hasilnya aku mendapat banyak kebaikan dari tempat yang dipilihkan Allah untuk aku, mendapat banyak manfaat, karena Allah lebih tahu dari pada aku, apa yang aku butuhkan....dan tempat mana yang cocok buat aku....
(koq jadi ke Manado ya ceritanya?) ya udah sekarang balik lagi ke Jepang, Fukuoka...
Allah pasti lebih tahu apa yang terbaik untuk kami, berbaik sangka sama Allah, berlapang dada menghadapi semua yang menghimpit...bukankah bersama kesulitan itu ada kemudahan.... banyak kemudahan yang datang, walau kami harus tertatih pada awalnya, aku yakin disini...ditempat yang Allah plihkan untuk kami...kita akan bisa settle lebih dari di Adelaide....

2. Di sini, entah karena kami yang terpencil, atau aku yang kurang gaul (karena sibuk dengan 3 krucil) , aku sampe sekarang belom liqo2, ada sih temen umahat mba Isty, tapi dia sibuk, juga karena pengaruh terapi sering (kurang enak badan), tapi...walau begitu ada mba Isty masih membuat aku merasa ada teman (seperjuangan; yang sama berharap ada liqo disekitar imajuku)...membuat aku kangeeennn banget ama Adelaide, Manado atau Makassar...
tapi ini...
kyknya sama banget waktu aku di Manado dulu, kangen ama Apnaria, Asthika, Poppy, yang setiap saat suka cereweti aku soal gaul ma cowok, ga boleh ini itu, harus ini itu, mengayomi aku dengan teladan yang baik...ckckck... aku ga bisa gini terus...Renny bilang "Dian harus berani memulai....", Kapan dimulai? ya sekarang, kalo Apna n friends bisa buat aku kangen ya aku harus bisa berubah, meneladani yang baik dari mereka tapi tetep jadi diri aku sendiri...
akhirnya aku bertemu komunitas yang kurang lebih sama... halaqoh2 itu, bahkan lebih dekat...karena di Jakarta kan aku cuma temen sekelas, temen se-les di NF, sementara di Manado aku temen satu halaqoh dengan akhwat2....
Artinya...
mulailah dari diri sendiri, berinisiatif (tanpa menunggu), membuka diri walau cuma lewat milis...(he3x , file taaruf yang dikirim moderator aja belum ku buka deh... secara email aku kan berapa ya...yg sering dibuka plg yg nurfikroh itu...) sebenarnya ada kegiatan yang mirip halaqoh tapi jauuuuhhhh, lebih jauh kyknya dibanding dari payneham ke Flinders....
Tuh kan dari situ aja aku dah salah kan??? Tapi kata kk ogks transport disini itu ga sama kyk di Adelaide...makanya beli mobil (trus harus urus SIM, ga sama kyk di Adelaide) biayanya banyak...kita simpan2 dulu uangnya ya... sabar2 dulu...ada yang namanya prioritas...
jadi maaf ya ibu2 ...bukannya aku sombong, bukan aku ga mau...tapi ya gitu deh...
Mudah2an kalo dah settle, kk udah selesai urus SIM, aku bisa hadir di acara2 itu...pengen sekali kenal kalian...
Sebenarnya mba Isty pernah bilang, gimana kalo kita adakan kelompok di imajuku...atau putaran ito Campus...sampai daerah imajuku...kan lumayan deket, tapi ya sampe sekarang masih sebatas di ide...baru bapak2nya yang jalan...alhamdulillah kemarin dah pekan kedua...
so (ayo mulai sekarang berpikir dan laksanakan!)...
Aku yakin dengan inisiatif dan perjuangan...bukan tidak mungkin akan tercipta halaqoh yang 'solid' disini...ya kan?

3. Beda tempat, beda budaya... disini termasuk bagian ASIA kan? so ya semaju apapun mentalitas Asia nya masih ada, meskipun mereka mengagumi kebudayaan barat.
Berdasarkan cerita2 teman2nya kk, ada istilah PDKTN (wah2...kyk lg naksir orang aja ya...) beda banget ama di OZ yg 'egaliter' banget gitu loh....
khusus yang ini aku ga berharap kk sepulang dari sini trus 'terbawa arus', aku tetep berharap untuk karakter seorang dosen kk mencontoh 'Mark' atau William... yang bisa minta maaf kepada mahasiswanya karena terlambat dtg atau membatalkan meeting, tapi..oh tapi....sekali lagi aku salah..
senseinya kk...ternyata beliau termasuk orang yang egaliter, obyektif, ini pengakuan kk sendiri...
Kalo kita mau kasih apa2 buat sensei...ya itu...adalah rasa hormat bukan PDKTN...karena beliau ga ngaruh tuh ama hal2 yang kayak gitu... good (lihat segalanya lebih dekat....(jgn selalu dengar kata2 orang)...karena setiap orang punya sudut pandang yang berbeda pada satu hal...

ya...masih banyak lagi hal2 lain...semua yg sulit...pasti ada 'ternyata2'....ternyata mudah, ternyata masih ada ini, ternyata tidak sesulit yang dipikirkan (yah memang kdg berpikir itu lebih ruwet dari pada prakteknya)...cayo Dian...

"Kita kadang masih memimpikan mawar ajaib di balik cakrawala...padahal saat itu juga kita dapat menikmati indahnya mawar merekah dipagi hari di halaman rumah kita sendiri"

Bersyukur itu indah... love Fukuoka...

No comments: