Jan 22, 2011

Materi Alif 23 January 2011 ( sistem tata surya; sub topik : Bumi)

Besok jadwal Alif belajar tentang sistem tata surya dgn sub topik 'bumi'. Kalo cuma disuruh nyebutin nama planet mah dia udah hafal, cuma merkurius, masih suka 'sabun'(salah bunyi) jadi merkuruyus haha2..

Trus sekarang aku cari ah bahan2 nya.

Gambarnya di sini atau situ
Ceritanya di  sini bagus

Besok Alif belajar secara umum, dan memperdalam tentang 'bumi'. Loh bun, kenapa ga merkurius dulu?
Ya karena Alif tinggalnya di Bumi, jadi lebih asyik kalo belajar bumi dulu.

Materinya....
Nama lain planet Bumi adalah planet biru (kata tupi dan pinping).
Planet Bumi adalah tempat manusia contohnya Alif, Zaghi, Bunda, tinggal. (pasti dia bakalan nanya, de Wawah sama ayah juga?) Trus bakalan banyak pertanyaan tentang manusia (jadi mesti siap).

Planet bumi bentuknya bulat. nih gambarnya, gambar bumi
Di bumi ada 3 bagian besar.Permukaan bumi yg tidak rata. Ada perut bumi. Dan..Bumi juga punya selimut ( contoh: ada lapsan ozon yang buat Alif terlindung dari sinar matahari secara langsung).
(kira2 apa ya pertanyaan Alif?)
Trus..dipermukaan bumi itulah tempat Alif tinggal. Ada daratan hjau (padang rumput), padang pasir, sawah, ladang, pegunungan, laut, sungai, danau. Daratan2 yang berkumpul namanya benua. lautan2 yang berkumpul namanya samudera. Jadi benua adalah daratan yang luas, samudera adalah lautan yang luas. Untuk memperjelas bisa diperlihatkan foto2 sungai, pegunungan, sehingga pelajarannya seru, dan Alif tertarik untuk mengetahui lebih lanjut.
Foto sungai di sini
Foto padang pasir disini
Foto laut disini
Foto pegunungan disini
Foto danau disini

setelah itu sorenya membawa Alif sendiri atau berdua wawah, jalan-jalan keliling Imajuku, melihat contoh2 real dari isi permukaan bumi, laut, pulau2, kalo nemu sungai (kyknya ga ada deh, cuma ada kanal), danau (buatan, sepertinya), pegunungan (nah kalo ini banyak). Untuk anak seumur Alif kayaknya segitu aja udah lumayan. Atau ada masukan dari teman2...?

Yah... itu materi untuk besok.
Semoga lancar2, insyaAllah.

1 comment:

dian said...

Subhanallah Mbak, bisa home shcooling buat anak, hebat! Alif yang semangat ya belajarnya...
Alif mau lihat sungai? sini main ke Iki Danchi...atau besok kita hanami di pinggir sungai Muromi :)