Jan 31, 2011

cerita minggu pertama HS Jan-Feb

Minggu ini...

Pelajaran IPAsesuai jadwal Alif belajar tentang sistem tata surya, sub topik planet Bumi, ni materinya.
Dan ternyata, ga seperti yang direncanain. Ga sesederhana itu materinya. Ditambah nonton bareng serial tupi dan pingping "Berpetualang diangkasa luar", jadi lebih seru.
 Malahan nih sampe ga ada waktu jalan2 keliling imajuku, insyaAllah diplanning lagi.

Kemarin, banyak pertanyaan2 Alif , juga ungkapan2 yang membuat bunda senyum2 sendiri.Misalnya:
  • Waktu bunda tanya, Jadi bumi punya berapa bulan? Alif menjawab "Dua". Bunda tanya lagi, "Loh koq dua? " (sambil mikir, apa tadi salah ngomong ya?). Alif menjawab "Ya dua lah, satu bulan sabit, satu bulan purnama" (teng dong)
  • Trus..Alif tinggalnya dimana? "Merkuruyus" teriaknya kenceng banget. "eh Bumiiii" jawabnya sambil cekikikan, begitu liat muka aku cemberut dengar jawaban pertamanya. Ya ampyun, anak kecil udah bisa ngeledekin orang tua.
  • Di bumi ada...(belum sempet jelasin, sungai, danau, pegunungan, padang pasir dan aneka landscape lain), dia udah nyambung "Ada Alif, ayah, bunda, wawah, zaghi, ada bebek, zebra, ayam, ada pohon, gedung, mobil, kereta, rumah, ada awan, salju, ada rumeiru, ada pantai, ada danau, ada perosotan, ada mall, ada mobil polisi, ada sepeda, ada rumah baruga....dll. Ckckck, dia menyebutkan lebih detail daripada bahan yang mau aku terangin yang cuma bermodal foto2 landscape. Diluar dugaan ternyata dia udah tau mana sungai, laut, padang pasir, cuma yah ga terlalu tertarik. Alif lebih tertarik, pada apa yang pernah dia lihat aslinya. Begini kali ya metode belajar sekolah alam, ga terpaku pada text book, atau bhn2 lain, eksplorasi lingkungan sekitar yang lebih real, membuat pelajaran lebih masuk ke otak.
  • Yah alhamdulillah dia masih inget nama2 planet yang pernah diajarin sejak umur 3 tahun, sekarang bertambah sedikit, dia bisa menunjuk planet mana yang ditanya, berkat gambar yang udah aku cantumin di materi kemarin.

Tentang kisah Nabi Adam.
Alif sepertinya tidak terlalu tertarik, dengan kisah nabi Adam. Mungkin karena kurang persiapan, jadi penyampaiannya kurang asyik. Malahan dia lebih tertarik dengan kisah nabi Nuh.
Karena, ceritanya tentang banjir besar yang menelan kaum nabi Nuh yang tidak mau menyembah Allah.Dia tertariknya, waktu ayah bilang, binatang2 dimasukkan berpasang2an coba Alif sebutkan binatang apa saja, nah mulailah dia menyebutnya satu persatu. Tentang kisah nabi Nuh juga ada lagunya, yang alif sudah hafal
syairnya, kurang lebih begini,
 Nabi Nuh, Nabi Allah...
ratusan tahun usianya...
berdakwah tak kenal lelah
walau sedikit..pengikutnya
Sampai suatu saat tiba
banjir dimana-mana
tenggelam semua yang ada
termasuk anak isterinya
Nabi Nuh dan pengikutnya
semua naik bahtera...
selamat dari bahaya
karena iman pada Tuhan nya
***

Pelajaran membaca minggu ini, masih review huruf besar dan kecil. Dia susah banget, untuk pelajaran satu ini. Alif lebih interest, kalo belajar IPA dan IPS. Contohnya hari Senin 24 Jan, dia ga mau nengok buku kotak2nya waktu diajakin menulis huruf vokal. Alif cuma menyelesaikan huruf A besar(1 kolom) dan huruf a kecil (1/2 kolom). Selebihnya, buku kotak2nya dia taruh ditempat buku, dan "bunda Alif mau menggambar, pake buku gambar saja". Ga sampe lima menit selembar kertas gambarnya, udah penuh. Ada kereta, mobil, pesawat, ikan hiu :'( kreatif sih, tapi....kayaknya Bunda harus lebih kreatif lagi (saingan sama Alif). Tunggu aja Alif, bunda bakalan bikin Alif selesaikan pekerjaan itu, hari kamis nanti.
***
Pelajaran bahasa inggris. Susah2 gampang. Gampang karena tinggal mengulang dengan sedikit tambahan2. Susah, karena sekarang konsentrasinya sekarang dah terbagi. Akibat winter, kita jarang aktivitas diluar (main di koen) jadi Alif suka main game. Dia udah tau make laptop, bahkan soal game aku kalah ,(di notebook aku ada gamehouse, isinya macam2 game ringan). Yang install, pegawai toko tempat kita beli. Akhirnya dengan tertatih2 dia harus mengulang semua pelajarannya dulu waktu masih di Indonesia. Prinsipnya sering diulang, kalo English or nihongo biar bukan jadwalnya sering diulang2. Kan masih terbatas sama conversation and Vocab aja, jadi biar sambil mandi bisa di praktekin. Yang buat geli waktu belajar warna sekaligus things about vehicles. Red car, green car, black car, sampe di grey (dia lupa: abu2=grey). Ya udah bunda kasih tau "grey" jadi mobil abu2 apa?, jawabnya "grey mobil" he3 dasar Alif....
***

Nihongo, yang ini paling susah. Kan kita sama2 belajar. So ya..dibuat santai aja. Ga terlalu kejar target. Apalagi multilingual itu susah ternyata. Soalnya waktu counting, ichi..ni..san..dia potong ('san' itu matahari, maksudnya 'sun') yaaa capee deh.... Dijelasin itu kalo in english, kalo in Japanese san itu tiga..eh dia malah ngacir (tanda tak berminat). Sekali lagi berlaku prinsip happy study...ga boleh dipaksain. Yaa...sabar aja.
Kalo greetings dia udah bisa..terbatas ohayou gozaimas, koniciwa, kon ban wa, atau say thank you (arigatou gozaimas). Alif bilang," itu (arigato gozaimas) kalo udah abis bayar ya? " (tengdong)...he3x. It means, he need more practice than theory. Jadi sekarang bunda ga boleh, bilang terimakasih/thank you aja sama dia, harus juga ditambah Arigatou gozaimas. Makasih ya Alif udah ingetin bunda, Arigatou gozaimasta sayang...
***

Keterampilan dan kesenian. Minggu ini Alif belajar mewarnai 'things about vehicles', senangnya. Krayon yg beli di hyaku en lgsg tgl 1/2 pnjgnya. Belajar lagu2 iman, islam, ihsan. Tinggal mengulang sih. Belajar membalik2 baju yg baru diangkat dari jemuran. Dengan sukacita dia melakukannya. Tapi ga mau kalo baju ayah, 'Abis baju ayah besar' gitu katanya.
***
Pelajaran Matematika (belum sempet buat soal cerita) dan prakteknya. Baru  belajar sambil main game disini.
Minggu lalu masih banyak kesibukan, berkaitan dengan Zaghi, dan terima2 tamu dan seibu health center, juga nursery school (alasan aja nih bun2).
***

Pelajaran IPS, jalan-jalan pake google earth, ke Manado dan Baruga. Dari Baruga jalan2 ke Mall Panakukang, kolam renang, kerumah Dato. Alif sangat tertarik, pelajaran ini. Apalagi kalo ditambah lihat foto2 pemandangan.
***
Pelajaran membaca Huruf Hijaiyah alhamdulillah lancar2. Baru mau mulai Iqro 1. Alat dan bahan ada di link list. Ditambah vcd bernyanyi bersama abang sholeh, insyaAllah minggu depan (awal Februari) bisa lebih baik.
Pelajaran Aqidah, masih mengulang rukun Iman dan Islam yg suka ketuker-tuker. Belum di jelasin secara sederhana.Pake lagu syamil (irama : "sedang apa sekarang") boleh dicontoh...nih syairnya
Suatu saat datang tamu, kepada rasulullah
berpakaian putih bersih tampak bukan dari jauh
dia duduk berhadapan, dihadapan rasulullah,
dia bertanya tentang iman, islam dan juga ihsan
Iman itu, iman itu, iman itu percaya
Allah, Malaikat, Kitab, Rasul, Kiamat, Takdir
Islam itu, islam itu, Islam itu adalah
Syahadat, shalat, puasa, Zakat dan juga Haji
Ihsan itu, ihsan itu, ihsan itu adalah
beribadahlah bagaikan dilihat oleh Allah
Siapakah, siapakah, siapa tamu itu
dialah Malaikat Jibril yang di utus oleh Allah.

No comments: