Feb 2, 2011

Farm Animal (2)

Ke Peternakan Sapi (story)

(sebelum bunda ceritain) coba Alif nyanyi dulu. Nyanyi "Old macdonald had a farm"

Nah sekarang, kita mau jalan2 ke peternakan Sapi.
Suatu hari, Ayah, Bunda, Alif, Zaghi dan Wawah jalan2 ke pertenakan sapi. (berharap dia membayangkan..melatih kemampuan imajinasinya).
Kita pergi dari rumah pagi-pagi. Alif bangun pagi bersama Ayah, bunda, kemudian mandi, shalat subuh, dan sarapan. (ngetes, dia bakalan tanya 2 orang adiknya ga ya?).
Setelah sarapan, kita siap-siap berangkat. Sebelum berangkat, keluar rumah Alif baca do'a apa?
Tidak lama setelah itu ayah menjalankan mobil, dan...sebelum mobilnya jalan coba Alif baca dulu do'a berkendaraan.

Ok, sekarang kita sudah sampai di peternakan sapi.
Di Peternakan sapi ada banyak sekali sapi. Ada yang besar, ada juga yang kecil. Ada yang jantan ada yang betina. Yang jantan besar namanya 'Bull'. Yang betina besar namanya 'cow'. Yang kecil namanya 'calf'.
Warnanya juga bermacam-macam, putih, cokelat, putih-hitam.


Sapi punya 2 mata. Untuk melihat. Matanya bisa melihat warna. Jadi sapi tau kalo Alif lg pake baju warna...
Sapi juga punya hidung (berapa hidungnya, coba tunjuk?). Hidungnya untuk mencium, dan sapi bisa mencium bau sejauh 5 mil (jauh kan?) mungkin seperti rumah Alif di baruga ke rumah Dato jauhnya. Terus sapi punya tanduk, yg membedakan sapi jantan sama betina. Sapi juga punya kaki, coba Alif hitung berapa kakinya? Nah sapi juga punya 4 perut, banyak yah? sama kyk kakinya. Mungkin karena makannya juga banyak ya? Sapi makanannya apa sih? Sapi makanannya rumput, jerami,jagung, bisa juga makan gandum. Tapi ga bisa makan daging, ayam, ikan. Karena sapi itu 'herbivora' (pemakan tumbuh2an). Nah kalau banyak makannya, sapinya cepat besar, dan bisa menghasilkan susu. Sapi yang biasa menghasilkan susu namanya sapi perah. Sapi juga bisa dipotong, dan dagingnya bisa dimakan manusia. Selain susu dan daging, sapi juga kulitnya bisa dibuat ikat pinggang, dll. Dan susu sapi bisa diolah menjadi mentega (buat bikin kue), keju dan lain-lainnya.
Sapi umurnya bisa sampai 25 tahun.

Nah sekarang Alif dah kenal dan tau kan sama 'sapi'. Alif suka sapi ga? suka minum susu? suka makan daging? Pasti suka kue dan keju kan?
Setelah puas bermain dipeternakan sapi, Alif dan adik2 serta ayah, bunda pulang kerumah. Alif senang sekali, jalan2 ke peternakan sapi.


No comments: