Feb 15, 2011

prehistoric human

Sesuai jadwal harusnya Alif belajar IPS hari ini. Halah bun, itu kan pelajarn anak SD. Malahan sub topiknya prehistoric human kan? perasaan dulu, bunda SMP baru dapat. Eit tunggu dulu, ga ada salahnya kan anak usia TK, belajar tentang sejarah (apa yg terjadi dahulu?). Setidaknya untuk Alif ga harus di paksakan mengerti, apalagi menghafal, trus ulangan...itu mah SMP banget. Tapi, di pelajaran ini, Alif dikenalin sama yang namanya sejarah. Sebelum ada saat ini, ada yang namanya 'waktu itu' last time or  along time ago. Trus ada apa disana? Apa yang terjadi? Siapa yang terlibat didalamnya? Bagaimana kita yang belum lahir bisa tau tentang kejadian itu? Dsbnya.
Selain perkenalan, tujuan materi ini juga menciptakan ketertarikan pada sejarah. Mengemas materi sedemikian rupa, bisa dalam bentuk dongeng, membacakan cerita bergambar, juga film. Ketika seorang anak tertarik pada suatu yg dikenalkan padanya, maka terbukalah sudah ruang2 dalam otaknya untuk kita isi dengan pengetahuan baru yang berdasar pada pertanyaan2nya. Bukan ga mungkin, pelajarannya nanti lebih maju dari yang ditargetkan. Tapi bisa jadi juga dia belum tertarik. Ga masalah, yang penting tujuan awal adalah mengenalkan dan membuat tertarik pada materi sejarah khususnya. IPA/S (Sains).

Balik ke topik awal, prehistoric human. Tadinya nih, mau ngenalin Alif sama si Erectus, meganthropus, berharap dia tertarik. Tapi setelah searching2 bahan, dan ketemu ini. Ternyata materi yang aku dapat jaman SMP dulu dan sampe skrg, masih itu2 juga di wikipedia atau disini, tuh dah ga bisa di pake untuk Alif.

So...bun2 harus baca dulu nih, sebelum dongeng. Ya, dari hasil baca sana dan sini. Kyknya, materi pre historic human ditunda dulu deh...bunda belum punya kafaah di bidang itu, ceileee...susah juga ya jadi ibu guru...kyknya lebih gampang buat anamnesis, fisik,dan diagnosis then tulis resep deh.

Sebagai gantinya adalah sejarah bumi dulunya seperti apa...dan lihat2 foto om dino...nambah pengetahuan aja...

No comments: